MENGATUR JUMLAH POSTINGAN ARTIKEL DI TIAP HALAMAN

Terkadang tampilan blog perlu sentuhan dalam hal tata letaknya supaya tampak rapi dan konsisten saat dikunjungi. Bukan hanya dalam hal penulisan artikel saja yang memerlukan perhatian tapi juga pada bagian-bagian lainnya, mungkin pada perwajahan konten ataupun pengaturan terkait jumlah postingan di tiap halaman. Bagi sebagian orang mungkin hal ini tidaklah penting, tapi tidak untuk sebagian orang yang lain. Mengapa tampilan serta tata wajah blog perlu diatur sedemikian rupa agar tampak lebih rapi? Salah satu alasannya adalah untuk menjaga agar pengunjung betah berlama-lama berada di dalam blog. Meski bukan menjadi hal mutlak, setidaknya kerapian dalam banyak hal juga memberi kesan berbeda bagi masing-masing pengunjung blog.

Sebagai bahan perbandingan, blog dengan tampilan berantakan cenderung merusak semangat baca para pengunjung. Di lain sisi, blog yang ditata secara rapi selain memberi rasa nyaman saat dikunjungi, para pengunjung juga betah karena tak merasa terganggu oleh tampilan yang kurang menarik.

Berikut ini adalah cara mengatur jumlah halaman di tiap halaman maupun di tiap label:
1. Buka akun Blogspot Anda;
2. Pilih Tema > Edit HTML;
3. Cari kode berikut:
var perPage=5
atau kode script berikut:
var perCount=5

NB: Tiap template memiliki kode script berbeda-beda, jadi dalam hal ini Anda harus benar-benar mencari dan memastikan letak pengaturan halaman di template masing-masing.

4. Ubah jumlah atau nomor 5 di atas sesuai keinginan Anda;
5. Simpan (Save)

Setelah itu coba lihat hasilnya, jika belum berhasil barangkali Anda bisa mencoba cara kedua berikut ini:
1. Buka akun Blogspot Anda;
2. Pilih Tema > Setelan (Setting) > Postingan, komentar, dan berbagi;
3. Atur jumlah tampilan yang diinginkan;
4. Simpan (Save).

Adapun cara lain yang bisa Anda coba jika kurang sesuai dengan harapan, berikut ini merupakan alternatif lain yang bisa dicoba:
1. Buka akun Blogspot Anda;
2. Pilih Tata Letak > Blog Post > Edit;
3. Pada Opsi Pilihan Halaman, Anda bisa mengatur jumlah sesuai keinginan;
4. Simpan (Save).

Pada dasarnya masih ada begitu banyak cara untuk mengatur jumlah postingan di tiap halaman maupun di tiap label, namun bagi kami cara-cara yang sudah disebutkan di atas sudah cukup mewakili dan membantu mengatur jumlah postingan di masing-masing halaman. Hanya saja tiap pemilik blog pasti punya sudut pandang ataupun cara berbeda dalam mengelola blognya. Mungkin ingin menampilkan jumlah lebih sedikit atau mungkin lebih banyak dari pengaturan sebenarnya.
Powered by Blogger.