CARA MENDAPATKAN IKLAN KONTEN SESUAI (MATCHED CONTENTS)

Meskipun sudah disetujui secara penuh oleh AdSense, namun tak semua penayang iklan mendapat fitur-fitur secara lengkap. Secara umum, ketika pengajuan menjadi penayang iklan disetujui, penayang iklan hanya diberi 3 unit iklan yakni 1) iklan berupa spanduk yang di antaranya berisi tayangan iklan teks serta gambar (Banner), 2) iklan yang mengalir secara natural dalam daftar postingan (InFeed), 3) iklan yang sesuai dengan sempurna di antara paragraf halaman (InArticle).

Sementara, di lain kasus, ketika pengunjung melakukan penjelajahan ke suatu situs tertentu mungkin akan mendapati iklan sesuai konten (Matched Contents) dari situs tersebut. Mengapa bisa begitu? Rata-rata unit iklan ini memang tak semua penayang mendapatkannya. Ada kriteria atau persyaratan tertentu untuk mendapatkan unit iklan ini.

Jika sudah mencapai kriteria dan memenuhi persyaratan, maka di dalam unit iklan ada tambahan unit konten sesuai (Matched Contents) seperti gambar di samping ini. Tentu saja untuk bisa mengaplikasikan ke dalam blog, pemilik akun (publisher) harus mengatur terlebih dahulu sesuai keinginan.

Fitur ini sangat menarik dan memberi kesan mendalam ketika dilihat. Unit iklan ini sekilas memang seperti tampilan iklan native, namun sebenarnya bukan. Unit iklan ini menampilkan iklan serta mempromosikan konten agar dapat meningkatkan pendapatan, tampilan halaman, dan waktu yang dihabiskan di situs. Ketika unit iklan ini diklik, sudah pasti mendatangkan penghasilan bagi pemilik akun AdSense. Secara pendapatan juga cukup signifikan. Unit iklan ini ketika dipasang bukan hanya berisi konten dalam situs saja, tapi kadang ada tayangan iklan lain yang muncul di dalamnya.

Tak berhenti sampai di situ saja, tampilannya juga bisa disesuaikan seperti keinginan, misal teks dan gambar, hanya teks saja atau modifikasi lain agar tampak lebih menarik. Hal ini juga menambah daya tarik tersendiri bagi pemilik akun maupun pengunjung blog. Unit iklan ini bisa dipasang pada bagian-bagian tertentu, semisal di bagian sisi kanan atau kiri, di bawah artikel, di dalam artikel atau di mana saja sesuai keinginan.

Kurang lebih tampilannya seperti ini setelah kode iklannya diterapkan dalam blog:

Adapun cara mendapatkan unit iklan ini salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah harus memliki kurang lebih 100 artikel. Namun dalam kasus ini bukanlah harga mati, kadang ada yang kurang dari itu. Tapi secara pasti, ketika artikel di dalam blog masih di bawah 50, besar kemungkinan belum mendapatkan unit iklan ini.

Seperti yang sudah diketahui bersama bagi semua penayang iklan AdSense, jaringan iklan ini memang terus berinovasi serta memberi layanan maupun fitur-fitur menarik untuk diikuti serta dinikmati. Belum lagi terkait laporan yang akurat (real time), semakin memudahkan bagi pemilik akun memantau perkembangan pendapatan yang diperoleh tiap hari. Hal ini juga menjadi salah satu bukti mengapa Google—terutama AdSense—menjadi andalan atau primadona bagi mereka yang ingin mendapat penghasilan tambahan dari blog (internet).

Nah, tertaik mendapatkan unit iklan ini? Terus dan giatlah menulis artikel. Selain akan meningkatkan lalu lintas, semakin banyak artikel juga akan mendatangkan banyak iklan tayang. Bukankah dengan begitu semakin mempercepat proses ambang batas pembayaran atau dengan kata lain mempercepat proses gajian dari menayangkan iklan?
Powered by Blogger.