DAMPAK BURUK MENGECAS HP TERLALU LAMA

Mengoptimalkan daya baterai dengan mengecas sampai 100% memang baik. Tapi jika mengecas secara terus-menerus setelah baterai terisi penuh akan berdampak buruk bagi handphone (HP) itu sendiri. Selain akan menimbulkan suhu panas pada HP, dampak lain adalah terjadinya kerusakan perangkat lunak (software) di dalamnya.

Hal lain yang akan terjadi adalah performa baterai lambat laun menurun, bahkan melemah atau tak berfungsi lagi. Tanda-tanda performa baterai menurun adalah ketika dilepas dari pengecasan tiba-tiba daya turun drastis melebihi ambang batas normal pemakaian. Atau bahkan jika sudah fatal HP mati seketika. Selain itu kodisi fisik baterai jadi mengembang jika terus-menerus dicas dalam kondisi sudah terisi penuh.

Tanda-tanda lain jika performa baterai sudah tidak baik lagi adalah ketika digunakan untuk mengambil gambar (foto) persentase turun sangat cepat atau bahkan HP mendadak mati. Begitu pula saat digunakan untuk memutar video ataupun saat menjelajahi web tertentu, tiba-tiba aksesnya berhenti total. Tak berhenti sampai di situ, selain akses berhenti masalah yang terjadi adalah sulit menutup aplikasi yang baru saja dibuka. Jika sudah seperti itu, mau tak mau harus memulai ulang (restart) HP atau mungkin mengelarkan baterai dan memasangnya lagi agar bisa dinyalakan.

Entah benar atau tidak, bila baterai sering kali dicopot dan dipasang lagi berulang kali bisa menyebabkan kerusakan pada kawat yang ada pada HP. Tentu saja jika sudah rusak atau patah, HP tidak bisa digunakan lagi—kecuali jika diperbaiki dan memasang ulang kawat tersebut.

Alangkah lebih baik memang lakukan cas seperlunya dan gunakan alat cas (charger) orisinal. Menggunakan alat cas abal-abal bisa mengakibatkan baterai rusak. Dampak buruk menggunakan cas abal-abal bisa terjadi saat itu juga atau dalam jangka waktu lama.

Tidak harus menunggu baterai habis jika ingin menambah daya baterai, sebab baterai jenis Lithium-ion tidak memiliki sel memori sehingga aman bila dicas kapan saja. Kecuali untuk baterai jenis NiCAD atau NiMH yang memang harus menunggu kosong terlebih dulu jika mau cas ulang.

Sebelum terlambat, segera ubah kebiasaan mengecas HP terlalu lama. Jika sudah terisi penuh maka lekas cabut dari proses pengecasan. Selain menyelamatkan baterai, cara tersebut juga bisa menghemat pemakaian listrik.
Powered by Blogger.