CARA MENGETAHUI LINK YANG RUSAK DI DALAM BLOG

Ketika aktif di dalam blog, seorang Blogger tentu tak hanya fokus menulis, kadang-kadang ia juga dihadapkan pada kode-kode (script) HTML tertentu apabila ingin memperbarui tampilan blognya. Entah ingin menambah elemen atau mungkin mengurangi widget yang tidak efektif. Ibarat punya rumah, penghuni rumah juga perlu menghias rumah sekaligus memeriksa kondisi rumahnya. Apakah rumahnya saat itu dalam kondisi normal atau ada bagian-bagian tertentu yang perlu perbaikan. Mungkin ada atap yang rapuh, genting pecah, atau ada lantai retak, dan lain sebagainya.

Fokus dalam menulis artikel memang prioritas utama, tapi memeriksa kondisi bagian dalam ruangan juga sangat diperlukan, sebab hal itu sangat berdampak pada kinerja blog. Andai kata ada bagian yang rusak tapi tak segera diperbaiki, hal itu tentu akan membuat akses tak maksimal. Barangkali ada script atau link rusak, tentu harus diperbaiki supaya kinerja web/blog bisa lebih optimal.

Lantas bagaimana cara mengetahui link yang rusak, padahal di dalam artikel ada begitu banyak linknya? Adakah cara cepat dan sederhana untuk mengetahui kerusakan link di dalam blog? Tentu sangat melelahkan jika harus memeriksa satu per satu link yang ada di dalam blog. Belum tentu link-link yang ada rusak semua, bisa jadi masih ada link yang baik-baik saja.

Adapun cara cepat dan sederhana mengetahui link yang rusak di dalam blog adalah sebagai berikut:

1. Silakan kunjungi website INI;

2. Tulis alamat web/blog Anda di kotak yang sudah disediakan;
Tekan 'Find broken links'

3. Isi kode “Security code” yang muncul saat itu;

Tekan 'Find broken links now!'

NB: Pilih salah satu metode pemeriksaan. Apakah ingin memeriksa kerusakan link saja, atau memeriksa seluruhnya—walaupun pilihan kedua memerlukan waktu lebih lama pemeriksaannya.

4. Tunggu sampai proses pemeriksaan selesai. Pastikan semua sudah komplit.


Setelah semua komplit, akan muncul beberapa link yang rusak atau butuh perbaikan.


Nah, sekarang sudah diketahui link apa saja yang sudah rusak di dalam web/blog Anda. Untuk melihat lokasi tautan di HTML sumber klik ‘src’ atau ‘url’ yang sudah disediakan tersebut. Jika memilih ‘src’ yang akan tampil adalah keseluruhan web, sedangkan jika memilih ‘url’ yang tampak adalah letak kerusakan kode (script) saja.

Lebih efektif dan efisien, kan? Daripada harus cek satu per satu, sedangkan kita sama sekali tak tahu mana link yang rusak dan mana yang masih dalam kondisi prima.

Demikianlah bagaimana cara mengetahui link yang rusak di dalam blog. Semoga setelah diperbaiki, performa web atau blog Anda makin maksimal.
Powered by Blogger.