CARA AGAR BLOG RAMAI PENGUNJUNG

Di antara para blogger yang sudah lama menggeluti dunia menulis di blog tentu berharap agar ide yang sudah ditulis bisa dibaca serta bermanfaat bagi semua orang. Mencetuskan ide dalam tulisan adalah persoalan pertama yang harus dikuasai penulis guna menarik perhatian khalayak. Meskipun kadang sebelum tulisan rampung dituangkan ada saja kendala atau godaan yang datang silih berganti. Namun semua itu pasti terbayar ketika ada banyak pembaca yang memberi apresiasi, entah seperti apa pun bentuk apresiasi yang diberikan. Ketika ada banyak orang membaca tulisan tersebut secara tak langsung juga berdampak pada statistik lalu lintas blog.

Membuat blog supaya ramai dikunjungi pembaca bukanlah perkara mudah. Apalagi didukung dengan masih rendahnya aktivitas baca maupun menulis. Rata-rata, orang lebih suka menonton video daripada membaca. Kadang membuat artikel yang bagus pun nyaris sepi pembaca. Kalaupun ada yang memberi komentar biasanya kurang relevan. Soal daya baca yang masih rendah mari abaikan sejenak. Sebagai seorang penulis artikel, hal yang harus fokus pada konten yang selama ini ditekuni. Menyajikan konten atau artikel secara terus-menerus juga memberi dampak baik bagi keberlangsungan blog itu sendiri. Lambat laun statistik yang ditunjukkan pasti merangkak naik. Jika tidak produktif, tentu akan sulit menaikan grafik blog, bisa jadi hanya stagnan antara 100—300 pengunjung per hari.

Tak cukup hanya dengan membuat artikel, tapi juga harus melakukan hal-hal ini jika ingin blog ramai dikunjungi pembaca.
1. Optimalisasi Mesin Pencarian (Search Engine Optimization);
Menurut pengertiannya, SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. (Sumber: Wikipedia)

Apabila artikel menempati halaman pertama mesin pencarian tentu peluang mendapatkan lalu lintas pengunjung jauh lebih besar. Biasanya, orang lebih memilih membaca artikel yang berada di halaman pertama mesin pencarian. Selain praktis dan efektif, arikel yang berada di posisi teratas cenderung mendapat kepercayaan dari pembaca ketimbang harus mencari ke halaman-halaman selanjutnya.

2. Membuat Judul Artikel atau Konten Menarik;
Rata-rata orang lebih suka mengunjungi web yang artikel di dalamnya menggunakan judul menarik serta unik. Walaupun terkadang tak semua pengunjung membaca sampai tuntas artikel yang disajikan, setidaknya cara ini lebih efektif menaikkan grafik lalu lintas setiap waktu. Alangkah lebih baik memang antara judul dan isi dibuat seimbang agar tak mengecewakan pembaca.

3. Aktif Menjelajahi Blog Lain (Blog Walking);
Salah satu cara untuk meningkatkan sekaligus menghasilkan pengunjung adalah dengan cara menjelajahi blog orang lain. Menjelajah saja tak cukup, tinggalkan komentar yang etis di sana. Bukan tanpa tujuan ataupun alasan, meninggalkan jejak komentar di blog orang lain juga punya andil besar dalam hal mengundang pembaca lain untuk berkunjung ke blog. Terlepas dikunjungi balik atau tidak oleh pemilik blog yang sudah ditinggali komentar, jejak tersebut jauh lebih berarti daripada sekadar berharap kunjungan ulang.

4. Aktif Promosi Blog di Media Sosial;
Siapa pun pasti punya akun media sosial. Bagi para blogger tentu bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai media promosi. Selain promosi di akun pribadi, jangan lupa pula ikut dalam grup khusus untuk para blogger atau forum-forum tertentu. Cara ini juga tergolong efektif meningkatkan statistik kunjungan ataupun popularitas. Tentu saja jangan melakukan perilaku tak wajar, sebab saat ini media sosial telah menerapkan sistem pengamanan cukup ketat terhadap data yang dibagikan. Jika membagikan data secara berlebihan, tentu akan mendapat teguran dari sistem keamanan media sosial bersangkutan karena terdeteksi sebagai spam.

Pada dasarnya masih ada begitu banyak cara meningkatkan lalu lintas blog supaya lebih ramai, tapi secara lazim yang dilakukan oleh para blogger adalah seperti poin-poin yang kami sebutkan di atas.
Powered by Blogger.