JARINGAN IKLAN YANG AMAN DISANDINGKAN DENGAN ADSENSE

Banyak di antara para penayang iklan (publisher) bertanya-tanya soal jaringan iklan apa saja yang aman disandingkan dengan AdSense. Sebagian besar publisher merasa waswas jika dinonaktifkan secara permanen oleh AdSense apabila menjalin kerja sama sebagai publisher dengan jaringan iklan lain. Takut melanggar kebijakan inilah yang membuat para publisher enggan menambah pundi-pundi penghasilan dari jaringan iklan lainnya.

Merujuk pada kebijakan AdSense, disebutkan bahwa "Kami memiliki beberapa pedoman—silakan baca DI SINI—tentang cara iklan non-Google dapat ditampilkan bersama dengan iklan Google. Kami mengizinkan tautan afiliasi atau teks terbatas.

Jika jaringan iklan Anda telah menampilkan iklan Google di laman, Anda tetap dapat bergabung dengan AdSense dan menjalankan iklan di situs Anda melalui program kami. Namun, sesuai dengan kebijakan inventaris berharga kami—silakan baca DI SINI,—Anda tidak dapat menempatkan iklan lebih banyak daripada konten laman Anda.

Perhatikan bahwa Anda bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah kontrak yang mungkin timbul terkait dengan jaringan iklan Anda sebagai akibat dari menayangkan langsung iklan Google." (Sumber: Pusat Bantuan AdSense)

Nah, jika membaca kebijakan yang disebutkan di atas, jaringan iklan lain bisa disandingkan selama tidak melanggar pedoman atau kebijakan AdSense.

Berikut ini daftar jaringan iklan yang lazim digunakan para publisher AdSense dan aman jika disandingkan secara bersamaan;
1. ADNOW
Jaringan iklan satu ini mulai populer di kalangan publisher. Saat ini masih menyediakan unit iklan native dan bisa dijadikan sebagai alternatif ataupun menyandingkannya dengan AdSense. Apabila ingin menjalin kerja sama sebagai publisher, silakan daftar DI SINI.

Sering kali kami melihat di pelbagai web atau blog menyandingkan jaringan iklan ini dengan AdSense. Kami rasa mengapa AdNow menjadi alternatif yang bisa disandingkan dengan AdSense karena iklan ditampilkan dengan format native—walaupun AdSense sendiri juga memiliki unit iklan native.
  
2. DFP (Doubleclick for Publisher)
Jika pengajuan menjadi publisher AdSense sudah disetujui secara penuh, maka sebenarnya para publisher bisa menggunakan inventaris iklan dari DFP serta menayangkan unit iklan di web/blog secara bersamaan, meskipun secara tampilan sama persis dengan AdSense.

3. MGID
Sama seperti yang sering kali kami lihat dari web atau blog tertentu, jaringan iklan MGID juga bisa bersanding dengan AdSense. Hanya saja untuk bisa berpartisipasi menjadi publisher jaringan iklan ini, syarat utama yang harus dipenuhi adalah lalu lintas web/blog minimal 3000 per hari. Dan dengar-dengar, jaringan ini hanya memberlakukan 1 Internet Protocol Address (IP Address) untuk satu kunjungan, jadi berapa pun mengunjungi web dengan IP yang sama maka tetap akan dihitung 1 kali saja. Bagaimana kebenaran kabar ini tentu kami belum bisa memastikan, sebab kami masih mencoba melamarnya meski belum diterima. Jadi, bagi web/blog yang masih memiliki lalu lintas di bawah 1000, alangkah lebih baik menunda keinginan sejenak daripada selalu mendapat penolakan. Jika ingin mendaftar silakan klik DI SINI

4. PROPELLERADS
Jaringan iklan yang mulai populer dan sering digunakan saat ini adalah PropellerAds. Ada banyak unit iklan yang bisa dipilih dalam jaringan iklan ini, mulai dari iklan spanduk sampai dengan iklan native. Proses pendaftaran tidak sulit, bahkan web/blog dengan lalu lintas rendah pun bisa mendaftar. Tertarik ingin menjadi publisher PropellerAds? Silakan daftar DI SINI.

5. REVENEUHITS
Barangkali jaringan iklan ini bagi sebagian publisher sudah sangat akrab, tapi belum tentu untuk sebaliknya. Jaringan iklan ini juga tergolong aman jika disandingkan dengan AdSense karena secara keseluruhan format yang diberikan juga jauh berbeda. Proses pendaftaran juga tidaklah sulit, bahkan web/blog dengan lalu lintas rendah pun bisa mendaftarkan diri sebagai publisher. Jika ingin mendaftar silakan klik DI SINI

Terkait jaminan keamanan, pada dasarnya publisher sendiri yang perlu mewaspadai, bahkan AdSense sendiri tak sepenuhnya bisa memberi jaminan atas tindakan-tindakan yang membahayakan keberlangsungan kemitraan publisher AdSense. Sejauh ini, AdSense hanya melindungi hak-hak dan keselamatan para pengiklan atas perilaku curang dari para publishernya. Bisa saja ada pihak lain yang sudah terjangkit penyakit hati melakukan kejahatan tak semestinya pada publisher lain sehingga mengakibatkan kerugian yang sangat fatal yakni dinonaktifkan secara permenen (banned).

Jika harus menyimpulkan, semua jaringan iklan bisa disandingkan dengan AdSense, hanya saja harus berhati-hati saat memasang unit iklan. Jangan sampai melanggar pedoman maupun kebijakan yang ditetapkan AdSense. Hal yang lebih penting lagi adalah, jangan sampai keberadaan iklan justru menggangu pengunjung. Pergunakan secara bijak dan jangan berlebihan.
Powered by Blogger.