CARA MENGHEMAT DAYA BATERAI HANDPHONE

Di era sekarang telepon genggam (handphone/HP) selain menjadi kebutuhan juga sangat tren bagi semua kalangan. Bahkan bagi sebagian orang HP dijadikan sebagai gaya hidup. Tak sebatas itu, selain digunakan sebagai alat komunikasi, HP bisa dimanfaatkan sebagai komoditas perekonomian.

Seiring perkembangan zaman, HP terus berinovasi dan berkembang sesuai kebutuhan para penggunanya. Tak hanya dari segi tampilan, fitur yang ditawarkan juga sangat menggoda. Hal yang terasa mengagumkan adalah tiap pengguna bisa memanfaatkan fitur canggih serta aplikasi-aplikasi tertentu dalam satu genggaman. Tak heran jika saat ini semakin banyak pengguna berikut para penggilanya.

Jika diperhatikan, kapan dan di mana pun orang pasti membawa alat komunikasi ini. Dari anak-anak sampai orang tua sudah pasti membawa benda ini. Berhubung perangkat ini menggunakan daya baterai, maka tak heran ketika bepergian tiap orang pasti membawa alat cas jika sewaktu-waktu daya melemah atau bahkan habis.

Tiap baterai memiliki daya tampung berbeda-beda. Ada yang berkapasitas besar, ada pula yang sebaliknya. Seberapa lama daya baterai bertahan juga tergantung pemakaian. Adapun cara menghemat daya baterai, salah satu di antaranya adalah sebagai berikut:
1. Mengurangi Aplikasi
Para pengguna HP pasti memakai aplikasi-aplikasi tertentu di dalam telepon seluler (ponsel) pribadinya. Semakin banyak aplikasi dipergunakan tentu membutuhkan daya pula. Meskipun hanya didiamkan, penyerapan daya baterai tetap berlangsung, apalagi saat digunakan. Penggunaan foto, pemutaran video atau menjelajahi situs tertentu juga menyerap daya cukup besar. Agar tidak boros, alangkah lebih baik kurangi aplikasi-aplikasi yang kurang efektif dan efisien. Pakai aplikasi yang benar-benar dibutuhkan serta sering digunakan. Nonaktifkan perangkat bawaan yang sekiranya tidak perlu.

2. Atur Penghemat Daya
Sebagian besar ponsel sudah dilengkapi fitur penghemat daya, maka dari itu aktifkan penghemat daya agar daya simpan bisa lebih lama. Atur pula kecerahan layar, sebab semakin terang tentu pemakaian daya baterai juga sangat besar.

3. Nonaktifkan Wallpaper
Meski akan mempercantik tampilan layar ponsel, mengaktifkan wallpaper juga turut andil terhadap pemakaian baterai. Menjalankan fitur ini sama artinya menyalakan layar ponsel secara terus-menerus dan pasti memerlukan daya sepanjang layar menyala.

4. Gunakan Cas Asli (Orisinal)
Penggunaan cas juga berpengaruh terhadap daya baterai. Saat melakukan pengisian, selama proses cas bisa masuk daya memang bertambah, tapi daya yang dihasilkan tak sama seperti cas orisinal.

Pada dasarnya ada banyak cara menghemat daya baterai, namun rata-rata penyebab daya baterai cepat habis adalah penggunaan ponsel secara tak semestinya dan salah satu di antara menghemat daya kurang lebih seperti yang kami sebutkan di atas.
Powered by Blogger.