PENYEBAB AKSES (LOADING) BLOG LAMBAT

Ketika mengunjungi web atau blog tertentu, biasanya para pembaca akan dihadapkan pada persoalan akses situs tersebut, apakah aksesnya cepat atau lambat. Setelah itu para pembaca akan dihadapkan pada isi dari konten yang ada di dalamnya. Bagi sebagian orang, akses yang lambat terasa begitu mengganggu dan memicu ledakan emosi, tapi sebagian yang lain mungkin masih memaklumi.

Bukankah pengunjung web lebih ingin membaca isi daripada memerhatikan akses ataupun tampilan sebuah web? Ya, memang benar demikian. Tapi sebagai pemilik web tentu harus secara terus-menerus meningkatkan performa blognya jika ingin memberi rasa nyaman bagi para pengunjungnya. Membuat konten atau artikel memang jadi prioritas utama, tapi memerhatikan performa serta kinerja web juga sangat diperlukan. Salah satu cara agar pengunjung tidak bosan karena menunggu akses terlalu lama maka pemilik blog harus segera membenahi masalah tersebut dan mencari sebabnya.

Adapun faktor penyebab akses blog lambat adalah sebagai berikut:
1. Faktor Internal
Hal pertama yang harus dilakukan oleh pemilik web adalah mengecek seluruh elemen di dalam web. Bisa jadi template yang digunakan saat ini memiliki kualitas kurang baik. Mungkin kapasitasnya terlalu berat atau fasilitas-fasilitas yang kurang menunjang jika digunakan. Untuk mengatasi persoalan kualitas template blog, tentu si pemilik harus mencari template dengan kualitas baik, ringan serta aksesnya cepat.

Jika masalah template sudah teratasi, hal lain yang membuat akses web lambat adalah penggunaan gadget terlalu berlebihan. Alangkah lebih baik pergunakan gadget yang benar-benar dibutuhkan. Jika memang kurang efektif, maka hapus atau hilangkan saja.

Hal lain yang perlu dicek ulang adalah kualitas gambar serta pemakaiannya. Apakah gambar memengaruhi akses? Ya, jika kualitas gambar kurang baik dan penggunaannya terlalu banyak di dalam satu artikel juga memengaruhi kecepatan akses. Gunakan gambar yang benar-benar mendukung artikel dan tak perlu berlebihan.

Di lain kasus, jika web dipasang unit iklan maka kurangi jumlahnya, sebab terlalu banyak unit iklan yang dipasang juga punya andil besar terhadap lambatnya akses web. Jika pernah memasang kode script tertentu, hapus saja jika tidak diperlukan. 

Selain masalah-masalah internal yang sudah kami sebut di atas, ada faktor lain yang menyebabkan akses blog lambat yakni lebih pada masalah hosting. Terkait masalah hosting tentu pemilik web tidak bisa berbuat banyak selain hanya menunggu semua kembali normal seperti sediakala. Jika menjalin kerja sama dengan penyedia domain dan hosting, pilihlah yang benar-benar memberi jaminan kualitas terbaik saat digunakan.

2. Faktor Eksternal
Perlu diketahui pula bahwa selain faktor internal, penyebab lambatnya akses web juga dipengaruhi oleh faktor eksternal. Kendala jaringan sering kali menjadi pemicu terjadinya hal tersebut. Apalagi jika akses mengandalkan kekuatan sinyal, siapa pun pasti tidak bisa berbuat banyak selain mencari tempat atau hal-hal lain yang mampu membantu sinyal kuat kembali.

Meskipun faktor internal sudah diperbaiki tapi dari segi eksternal tidak mendukung, ya, bisa dipastikan aksesnya tetap lambat.
Powered by Blogger.